Warning: Ini postingan ala emak-emak banget.

Sebagai mbak-mbak yang tinggal di rumah tanpa pembantu tahun baru jadi ajang bebersih rumah secara keseluruhan, tanpa sadar kemarin saya bikin list seberapa sering sih bebersih dibutuhkan. Ini bisa jadi guidelines buat yang tinggal sendirian atau kebingungan, kalau tinggal sendirian butuh menyiapkan tenaga seberapa besar untuk bebersih. Anyway, berhubung ini kebutuhan pribadi, tentu saja bisa di-improvisasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Bebersih Rutin

  • Cuci piring (1x sehari, walau saya seringnya setelah masak dan makan karena persediaan peralatan makan dan peralatan dapur saya terbatas)
  • Cuci baju (2x seminggu, kalau malas 1x seminggu, maklum anak kosan, pake celana jeans bisa seminggu satu doang, khusus handuk biasanya saya cuci 1x seminggu atau dua minggu)
  • Menyapu dan ngepel (2x seminggu, walau kalau ketahuan emak bisa dijitak, karena emak punya hasrat nyapu dan ngepel setiap hari)
  • Bebersih kamar mandi (1x seminggu termasuk kuras bak mandi dan ngosek wc, dan ini bagian paling menyenangkan dari bebersih rumah, dan alasan kenapa nama blog saya dikamarmandiin)
  • Bebersih kamar (1x seminggu, termasuk kamar tidur di rumah dan di kos, kamar tamu, kamar lain lain)
  • Cuci kendaraan (1x sebulan, kecuali jika musim hujan, biasanya lebih sering lagi karena MASAALOHYATUHANINIKENAPAMOTORKOTORBENERDAH)
  • Bebersih dalemnya kendaraan (1x sebulan, ini maksudnya mobil, soalnya kadang ada beberapa hal yang ga diperlukan dan lupa dikeluarin dalam mobil)
  • Ganti sprei dan sarung bantal guling (1x sebulan, kadang-kadang 2x sebulan)
  • Ganti selimut (1x sebulan, tapi entah kenapa kalau di kosan ini bisa sampai 3-4 bulan baru ganti selimut)
  • Bebersih gorden (2x setahun, biasanya saya ganti dan laundry semua gorden tiap 6 bulan sekali, tidak termasuk gorden kosan karena… duh, ini kosan kak)
  • Bebersih karpet (2-3x setahun termasuk vacuum, steam dan laundry)

Bebersih Besar-Besaran (atuhlah gimana istilahnya)

  • Bebersih kulkas (3-4x setahun, matikan, kosongin, kuras, ngecekin yang kadaluarsa)
  • Bebersih lemari penyimpanan (2-3x setahun, biasanya saya nyetok barang-barang untuk persediaan sebulan sekali, tapi sering lupa juga kalo barang belom habis dan kadaluarsa di lemari, ini penting banget buat ngebuang barang-barang kadaluarsa dan memperkirakan apa yang paling mubazir dibeli dalam beberapa bulan sebelumnya)
  • Bebersih lemari baju (1x setahun, mengecek barang mana yang udah ga bisa dipake dan juga barang mana yang udah ga pernah dipake, dan disumbangin, lagian sekalian reminder buat saya biar ga beli banyak baju ga diperluin)
  • Bebersih gudang (1x setahun, walau akhirnya stuck sama kenangan dan malah asik di gudang sendiri. Tapi harta karun di gudang ini kadang bisa juga disumbangin ke orang lain loh!)
  • Bebersih garasi (1x setahun, karena garasi juga menyimpan makhluk-makhluk magis selain gudang :p)

Itu jadwal bebersih saya sih, bagaimana sama jadwal bebersih kalian?