Seberapa Sering Bebersih Dibutuhkan?

Warning: Ini postingan ala emak-emak banget.

Sebagai mbak-mbak yang tinggal di rumah tanpa pembantu tahun baru jadi ajang bebersih rumah secara keseluruhan, tanpa sadar kemarin saya bikin list seberapa sering sih bebersih dibutuhkan. Ini bisa jadi guidelines buat yang tinggal sendirian atau kebingungan, kalau tinggal sendirian butuh menyiapkan tenaga seberapa besar untuk bebersih. Anyway, berhubung ini kebutuhan pribadi, tentu saja bisa di-improvisasi sesuai kebutuhan masing-masing.

Bebersih Rutin

  • Cuci piring (1x sehari, walau saya seringnya setelah masak dan makan karena persediaan peralatan makan dan peralatan dapur saya terbatas)
  • Cuci baju (2x seminggu, kalau malas 1x seminggu, maklum anak kosan, pake celana jeans bisa seminggu satu doang, khusus handuk biasanya saya cuci 1x seminggu atau dua minggu)
  • Menyapu dan ngepel (2x seminggu, walau kalau ketahuan emak bisa dijitak, karena emak punya hasrat nyapu dan ngepel setiap hari)
  • Bebersih kamar mandi (1x seminggu termasuk kuras bak mandi dan ngosek wc, dan ini bagian paling menyenangkan dari bebersih rumah, dan alasan kenapa nama blog saya dikamarmandiin)
  • Bebersih kamar (1x seminggu, termasuk kamar tidur di rumah dan di kos, kamar tamu, kamar lain lain)
  • Cuci kendaraan (1x sebulan, kecuali jika musim hujan, biasanya lebih sering lagi karena MASAALOHYATUHANINIKENAPAMOTORKOTORBENERDAH)
  • Bebersih dalemnya kendaraan (1x sebulan, ini maksudnya mobil, soalnya kadang ada beberapa hal yang ga diperlukan dan lupa dikeluarin dalam mobil)
  • Ganti sprei dan sarung bantal guling (1x sebulan, kadang-kadang 2x sebulan)
  • Ganti selimut (1x sebulan, tapi entah kenapa kalau di kosan ini bisa sampai 3-4 bulan baru ganti selimut)
  • Bebersih gorden (2x setahun, biasanya saya ganti dan laundry semua gorden tiap 6 bulan sekali, tidak termasuk gorden kosan karena… duh, ini kosan kak)
  • Bebersih karpet (2-3x setahun termasuk vacuum, steam dan laundry)

Bebersih Besar-Besaran (atuhlah gimana istilahnya)

  • Bebersih kulkas (3-4x setahun, matikan, kosongin, kuras, ngecekin yang kadaluarsa)
  • Bebersih lemari penyimpanan (2-3x setahun, biasanya saya nyetok barang-barang untuk persediaan sebulan sekali, tapi sering lupa juga kalo barang belom habis dan kadaluarsa di lemari, ini penting banget buat ngebuang barang-barang kadaluarsa dan memperkirakan apa yang paling mubazir dibeli dalam beberapa bulan sebelumnya)
  • Bebersih lemari baju (1x setahun, mengecek barang mana yang udah ga bisa dipake dan juga barang mana yang udah ga pernah dipake, dan disumbangin, lagian sekalian reminder buat saya biar ga beli banyak baju ga diperluin)
  • Bebersih gudang (1x setahun, walau akhirnya stuck sama kenangan dan malah asik di gudang sendiri. Tapi harta karun di gudang ini kadang bisa juga disumbangin ke orang lain loh!)
  • Bebersih garasi (1x setahun, karena garasi juga menyimpan makhluk-makhluk magis selain gudang :p)

Itu jadwal bebersih saya sih, bagaimana sama jadwal bebersih kalian?

choro

Sudah mau tiga puluh tapi tetap lucu kinyis-kinyis. Kinyis-kinyisnya sudah mutlak, lucunya masih dalam tahap diusahakan.

8 thoughts on “Seberapa Sering Bebersih Dibutuhkan?

  • January 4, 2015 at 07:50
    Permalink

    Komen karena lagi selo:
    1. Cuci piring: habis makan
    2. Cuci baju: cuci sendiri sekali seminggu, laundry tiap hari
    3. Bebersih kamar, menyapu, mengepel: menyapu tiap hari, sisanya sebulan dua kali
    4. Bebersih kamar mandi: itu bukan urusan saya *cough*
    5. Bebersih kendaraan: apa itu kendaraan pribadi? Public transport ftw
    6. Ganti sprei, sarung bantal, selimut, gorden: sebulan sekali, kecuali gorden ya… kalo keliatan dah kotor aja
    7. Bebersih kulkas: kulkas saya kosong, move on
    8. Bebersih lemari penyimpanan, lemari baju: sehari sebelum saya belanja (bulanan – in case baju, setiap quarter)

    Reply
  • January 4, 2015 at 12:28
    Permalink

    Rata-rata sama sih jadwal bebersihannya. Tapi, untuk seprai kasur, bantal, guling, saya ganti setiap seminggu sekali.

    Reply
  • January 5, 2015 at 02:58
    Permalink

    Semenjak tinggal sharing di apartemen :

    Cuci piring : kalo abis dipakai. kebanyakan milih nasi bungkus biar ngga pake piring
    Cuci baju : kalo embernya penuh, waktunya diantar ke laundry
    Menyapu dan ngepel : nyapu 3x seminggu. ngepel kalo lantai licin
    Bebersih kamar mandi : pake shower, jadi ngoseknya 1x sebulan aja
    Cuci motor kalo udel lagi di tengah
    Ganti sprei dan sarung bantal guling : kalo abis bobo-bobo lucu biar sisa baunya ngga nempel
    Ganti selimut : 2x sebulan
    Bebersih gorden : sepertinya di lap saja kalo otaknya lagi ngga sengkleh
    Bebersih karpet : baru punya karpet sebulanan dan belum pernah dicuci. paling cuma dikibas aja

    Reply
  • January 5, 2015 at 05:33
    Permalink

    Saya lebih berat, dan kemarin kami manggil seorang tenaga bantu.
    Maka hargailah PRT. Ada yang pekerjaanya terlalu komplet, dari belanja, masak, ngepel, sampai cuci mobil (padahal ada 3 mobil).

    Reply
  • January 5, 2015 at 23:12
    Permalink

    Kalau punya anak plus bebersih lemari mainan anak, meja belajar anak dan ini cukup memakan waktu utk menyortir kertas-kertas, pensil warna pendek, krayon patah, rautan njeplak, garisan gripis, penghapus cuil, kotak pensil somplak tapi anak masih ngotot nggak mau buang….

    Reply
  • January 7, 2015 at 18:09
    Permalink

    postingan berguna banget ini..aq print ya ..:D
    hampir sama semua sih..walo bebersih rumah setiap hari dilakuin sama ART (walo setengah hari aja)
    saya sih fokus maen sama anak n kerja dari rumah.
    seminggu sekali bersihin box mainan dan nyortir mainan yang rusak ato ngga…ya alloh stok yang rusak buanyak banget akhirnya disimpen lagi asal g bahaya :D

    motor dicuci kalo kotor, itu pun ke salon motor, mobil dibersihin sebelum mau dipakai.
    gorden saya nih yg jarang banget dicuci..cuci besok ah. sebulan sekali ya *catet masuk tdl

    Reply
  • April 17, 2015 at 07:16
    Permalink

    Aku bebersih kamar kalau udah ada serangga. Bebersih meja kantor kalau ada kunjungan dari orang HQ.

    Reply

Leave a Reply